Pages

Sabtu, 10 November 2012

Pelajar Madiun Nyalakan 14.000 Lilin Peringati Hari Pahlawan

Posted by Unknown Sabtu, November 10, 2012, under , | No comments


Madiun - Belasan ribu pelajar tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Kabupaten Madiun menyalakan 14.000 lilin untuk memperingati Hari Pahlawan dalam apel akbar pendidikan karakter bangsa di Gedung Olah Raga (GOR) Pangeran Timur, Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (10/11) malam.

"Agenda ini untuk memperingati Hari Pahlawan. Juga untuk memotivasi generasi muda agar siap mengisi kemerdekaan dengan pembangunan sesuai keinginan para pendahulu bangsa," ujar Bupati Madiun Muhtarom.

Selain menyalakan lilin, dalam apel akbar tersebut juga dilakukan penandatanganan ikrar dan pencatatan penyalaan lilin sebanyak 14.762 buah yang akan diusulkan ke Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Jumlah lilin yang dinyalakan melebih dari target 10.000 lilin.

Bupati menambahkan, selain untuk memperingati Hari Pahlawan, aksi ini juga untuk menanamkan pendidikan berkarakter bangsa bagi para pelajar untuk menekan kenakalan remaja dan aksi tawuran yang sering terjadi akhir-akhir ini di Tanah Air.

Apel akbar pendidikan karakter bangsa ini dipimpin oleh Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0803 Madiun Letnan Kolonel (Inf) I Wayan Sandi Susila.

"Kegaiatan seperti ini penting dilakukan di tengah terjadinya disharmonisasi sosial dimana-mana. Saya sangat mendukung," katanya usai apel.

Kegaiatn apel berlangsung khidmad dan berakhir hingga jelang Minggu (11/11) dini hari. Para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam acara itu juga dikumandangkan lagu-lagu nasional dan puisi perjuangan. Sejumlah siswa juga mengenakan pakaian adat suku bangsa yang ada di Tanah Air sebagai simbol kesatuan bangsa.

Salah satu siswa peserta, Fitri, mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam agenda apel akbar pendidikan karakter bangsa tersebut. Kegiatan semacam ini akan membawa pelajar ingat akan jasa para pahlawan dahulu dalam merebut kemerdekaan.

"Lilin yang dinyalakan tersebut sebagai simbol dari jasa pahlawan yang mejadi penerang bagi generasi muda penerusnya. Semoga kami bisa meneladan sikap para pejuang tersebut," kata Fitri. (*)

0 komentar:

Posting Komentar