Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

GNOTHI SE AUTHON

Posted by Unknown Sabtu, Oktober 20, 2012, under | No comments



Tersebutlah sebuah nukilan kisah seorang anak manusia yang bernama Ibrahim Al-Haqq dari Turki. Suatu ketika Ibrahim mengalami peristiwa agak aneh dan ganjil, yakni dia melihat seseorang di kejauhan yang selalu berteriak-teriak, "Di mana engkau? Di mana engkau?!"

Begitu sering orang misterius di kejauhan itu terlihat. Bahkan semakin hari sosok tersebut semakin terlihat dekat menyelip di sela-sela kerumunan orang-orang. Ibrahim semakin penasaran, hingga ia bertanya kepada salah seorang sahabatnya, "Siapakah orang gila yang setiap hari berteriak-teriak mencari seseorang itu?"

Akan tetapi, sang sahabat tak memberi jawaban. Justru ia balik bertanya, "Orang gila yang mana? Aku tidak melihatnya."

Ibrahim semakin bingung. Baginya tetap saja sosok itu ada terlihat, bahkan kian nyata dan dekat. Sampai akhirnya diapun berhadapan langsung dengan sosok tersebut.

Betapa sungguh terkejutnya Ibrahim melihat sosok itu, yang ternyata adalah dirinya sendiri. Dan dalam beberapa saat sosok itu banyak memberikan nasehat kepada Ibrahim, antara lain ia mengatakan, "Kenali dulu dirimu, baru kau kenali apa yang ada di luar dirimu!"


Keterangan:
*) Teks tulisan yang terukir di pintu masuk Kuil Delphi, Athena, Yunani yang artinya KENALILAH DIRIMU SENDIRI. Konon tulisan ini adalah ucapan Apollo yang mengajari warga Athena untuk selalu mengenal siapa diri mereka yang sejati.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Blog Archive